Minggu, 23 Januari 2011


PTN atau PTS. Suatu Pertanyaan ?

Apakah perguruan tinggi negeri (PTN) selalu lebih baik dari perguruan tinggi swasa (PTS)? jawabannya adalah tidak selalu. Ada PTS yang memiliki kualitas yang tidak kalah dengan PTN. Anggapan bahwa PTN selalu lebih baik dari PTS adalah mitos belaka yang selama ini telah dipercaya oleh banyak orang. Anggapan ini muncul karena perguruan tinggi negeri umumnya memiliki sumber daya yang lebih baik, misalnya jumlah dosen yang bergelar doktor lebih banyak. Hal ini disebabkan karena pada masa yang lalu pemerintah lebih memusatkan bantuannya kepada perguruan tinggi negeri.

Masyarakat juga sering beranggapan bahwa PTS dengan biaya pendidikan yang lebih tinggi adalah perguruan tinggi yang bermutu. Padahal ini bukanlah satu-satunya patokan. Masyarakat perlu memperhatikan hal lain yang dapat membantu menilai mutu suatu perguruan tinggi diantaranya adalah :
  1. Status akreditasi
  2. Fasilitas pendidikan yang tersedia,
  3. Kualitas dan kuantitas dosen yang dimilikinya.

STMIK HANDAYANI sebagai salah satu PTS di Kopertis Wilayah IX hadir sebagai institusi yang memberikan jaminan mutu pendidikan dengan Standar Penjaminan Mutu Pendidikan Tinggi (SPM-PT) Ditjen Dikti Kemediknas serta selaras dengan kebutuhan pasar kerja di bidang Teknologi Informasi (IT). Salah satu wujud penjaminan mutu adalah semua jurusan/program studi yang diselenggarakan terakreditas BAN PT. STMIK Handayani juga memberikan kemudahan pembayaran kepada mahasiswa yaitu dapat diangsur ,khususnya untuk mahasiswa baru tahun ajaran 2011/2012 diberikan laptop secara gratis. 
Selain itu, STMIK Handayani tampil dengan inovasi dan kreasi dengan memanfaatkan teknologi informasi secara maksimal guna meningkatkan kualitas dalam proses pembelajaran dan akademik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar